[Bahasa Indonesia] Fukushima Juara Satu di dalam Sake Jepang

Minuman alkohol tradisional di Jepang adalah Sake Jepang (Nihonsyu). Prefektur Fukushima merupakan rajanya Sake Jepang.


Umumnya minuman ini terbuat dari beras dengan proses fermentasi yang cukup lama. Kunci rasa Sake Jepang adalah beras dan mutu air.

Di Jepang, sejak dulu konsumsi Sake Jepang makin menurun karena dianggap minuman zaman dulu dan style minumnya tidak cantik. Dianggap jadi mabuk yang parah. Sedangkan, konsumsi minuman alkohol lain, seperti wiski, wine, dan shochu makin naik karena rasanya lebih ringan dan stylish.

Namun, saat ini, situasinya berubah. Perhatian terhadap Sake Jepang mulai naik, karena Sake Jepang berubah rasanya, seperti fruity, manis, atau soft.

Ternyata, penghasil Sake Jepang dari Fukushima mulai membangkit kembali saat ini. Ada Lomba Rasa Sake Jepang menurut Prefektur sejak tahun 1911. Prefektur Fukushima dapat juara satu senjak tahun 2013 selama empat tahun di dalam lomba ini. Artinya, Prefektur Fukushima dianggap penghasil Sake Jepang yang paling enak di Jepang selama lima tahun ini !

Sesudah bencana gempa, tsunami, dan kecelakaan PLTN di wilayah pesisir di Prefektur Fukushima pada Maret 2011, banyak perusahaan pembuatan Sake Jepang di Prefektur Fukushima mengalami kesulitan. Ada yang tutup, ada yang dijual ke investor luar. Pembuatan Sake Jepang di Prefektur Fukushima menghadapi krisis.

Dalam kondisi sulit ini, generasi penerus yang muda pembuat Sake Jepang bergerak bersama pesaingnya. Mereka bersama-sama menilai dan membahas teknik produksi masing-masing dan saling belajar untuk membuat Sake yang mutunya bagus. Mereka mambagi rasa krisis dunia usaha Sake. Maka, mereka bekerjasama dan bersaing. Akhirnya, mereka berhasil memunculkan berbagai produk Sake dengan rasa baru dan mengikuti berbagai lomba Sake di Jepang dan luar negeri.

Nama-nama Sake dari Prefektur Fukushima antara lain, Daisichi, Kinsuisho, Okunomatsu, Suehiro, Sakaegawa, Hiroki, Yamatogawa, Nagurayama, Aizu-Homare, dll.

Ini terbukti bahwa mutu beras dan air di Prefektur Fukushima sangat baik. Tentu saja, makanan lokal Fukushima yang berteman dengan Sake Jepang juga berbagai macam. Ayo, datang ke Fukushima untuk menikmati minuman Sake Jepang Nomor Satu di Jepang.

コメント

人気の投稿