[Indonesia] Dirgahayu Indonesia ke-72 !

Bersama ini, dengan rasa hormat, saya mengucapkan "Dirgahayu Indonesia ke-72" kepada sahabat dan teman-teman Indonesia.

Dalam hal ini, kita bersama-sama meningkatkan daya imaginasi dan daya menghormati terhadap orang lain. Bersama-sama melakukan dialog daripada debate. Bersama-sama berpikir positif daripada negatif.

Jika perlu pengantara atau intermidiator, saya siap menjadi demikian antara Indonesia dan Jepang. Namun, masih butuh teman-teman yang ikut demikian juga.

Meredeka merupakan berpikir dan beraksi, dengan pertanggungjawaban sendiri, dengan menghormati orang lain, tanpa mengharapkan imbalan atau reward kepada dirinya.

Apakah kita sudah menjadi orang merdeka?

Bekerja itu apa? Hidup itu apa? Bahagia itu apa? Berpikir dan beraksi untuk menjadi orang merdeka.

Budaya, sejarah, kehidupan sehari-hari selain pengetahuan. Semuanya menjadi bahan untuk kita menjadi orang merdeka.

Negara merdeka. Kita belum menjadi orang merdeka.

Kita menjadi orang merdeka bukan untuk melepas diri dari negara, tetapi kembali lagi melihat kakinya sendiri, bumi yang diinjakinya, dan kehidupan sehari-hari kita.

Karena kehidupan sehari-hari dimiliki oleh orang masing-masingnya.

Orang merdeka mulai dari hal-hal yang biasa di dalam kehidupan kita. Namun, kebiasaan juga memiliki arti tersendiri. Semua ini menjadi bahan untuk menjadi orang merdeka.

Semoga Indonesia menjadi bukan negara merdeka saja tetapi negara orang merdeka juga. Tentu saja, Jepang juga demikian. Dimana-mana demikian.

Saya juga tetap berusaha menjadi orang meredeka meski masih perlu belajar banyak. Dan ingin belajar dari teman-teman yang sesama sedang belajar demikian.

コメント

人気の投稿